Cara Mudah Instal Android X86 di Laptop (Update 2016!)

www.insomdroid.xyz

Bicara tentang Android tidak melulu hanya sebuah sistem operasi yang berjalan di ponsel pintar. Namun sudah banyak perangkat lain yang menggunakan sistem operasi besutan Google ini seperti televisi, mesin cuci, kacamata bahkan mobil. Nah salah satu implementasi yang menarik adalah menginstal sistem operasi Android di laptop, netbook atau komputer kamu. 

Mengapa demikian? karena bisa jadi berguna ketika ponsel kamu rusak dan kamu ingin tetap terhubung di aplikasi Android yang ada di ponsel kamu seperti BBM, Whatsapp, Instagram dll, dimana aplikasi tersebut belum tersedia di versi PCnya. Kegunaan lain misalnya mencoba sistem operasi Android terbaru yang seringkali ponsel kamu tidak kebagian updatenya.

Setelah eksperimen dan Googling beberapa lama serta mencoba beberapa cara, akhirnya saya menemukan cara mudah instal Android di PC dengan menggunakan OS Android x86. apa itu Android X86 kamu bisa menemukannya di link Mengenal Android-x86 . 

Secara garis besar OS ini adalah proyek open source Android yang ingin agar Android dapat diinstal di perangkat netbook yang menggunakan prosesor berbasis arsitektur x86. Di versi terbarunya OS Android-x86 sudah mencapai OS terbaru Android yaitu Kitkat 4.4.2. Menariknya dari OS Android-x86 ini adalah perkembangan yang terus menerus karena didukung oleh komunitas open source

Sebetulnya ada banyak cara selain menggunakan OS Android-x86 di netbook/laptop anda seperti menggunakan emulator Android. Beberapa emulator Android yang cukup populer seperti Bluestacks, Andy Emulator, Genymotion atau Youwave sebetulnya juga mudah untuk diinstal di netbook kamu, namun saya memilih Android-x86 karena beberapa alasan :
  • Bukan sebuah emulator melainkan OS Android 
  • Hanya perlu mendownload 1 file saja
  • Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang hebat untuk dijalankan
  • Bisa untuk dualboot dengan Windows 7 tanpa membuat partisi baru
  • Beberapa game dan aplikasi sudah didukung serta sudah terinstal Google Play Store di dalamnya.
Oke setelah memahami apa itu Android-x86 mari kita coba menginstalnya. Jika kita buka situs resmi Android-x86  ada beberapa cara untuk menginstal OS tersebut di netbook anda. Hal ini akan terlihat sulit dan  membingungkan bagi pemula. 

Apalagi dengan resikonya yaitu kita bisa kehilangan Sistem Operasi Windows kita sehingga PC kita bisa gagal booting jika kita keliru menjalankan perintah instalasinya. Untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya kita membackup sistem Windows kita terlebih dahulu agar dapat mengembalikan data-data kita jika terjadi kesalahan instalasi

Dari pengalaman saya mencoba Android-x86 kemarin, saya juga menemui beberapa kesulitan dalam proses instalasi, terutama untuk mempartisi drive C saya dimana sistem operasi Windows saya berada. Akhirnya setelah mencari-cari cara instal Android-x86 saya menemukan tools di xda developer yang dapat menginstal Android x86 tanpa harus mempartisi harddisk terlebih dahulu.

Tools ini menurut saya sangat memudahkan untuk pemula yang ingin mencoba Android-x86 di netbook mereka tanpa harus menyiapkan partisi sistem atau flashdisk (jika ingin opsi boot from cd).

Tools ini juga memungkinkan menaruh sistem Android-x86 di drive selain drive utama (:/C). Untuk lebih jelasnya mari kita kunjungi tridnya di Tools Instal Android x86. Seperti yang dijelaskan di trid tersebut yang anda perlukan hanya beberapa tools yaitu
Cara instalasinya pun cukup mudah, anda cukup mendownload installernya.
  1. Run aplikasinya dan pilih file ISO Android-x86 yang sudah kamu download
  2. Pilih partisi untuk menginstal Android-x86 tersebut (saya memilih di partisi E)Pil
  3. Pilih besarnya User data max size yang berfungsi untuk mengatur seberapa besarnya ukuran memori  kamu untuk menginstal aplikasi android
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai
  5. Finish dan restart netbook kamu
Selamat kamu sudah bisa menikmati Android-x86 di Netbook, setiap  menyalakan Netbookmu sekarang ada pilihan OS yang akan di run (Jika  menggunakan windows 7 maka hanya ada 2 pilihan yaitu Windows 7 dan Android) 

Oke untuk penutup saatnya mencoba Android-x86 di netbookmu. Jangan lupa untuk memasang Keyboard dan Mouse sebelum menyalakan hal ini akan memudahkan untuk menjalankan menu 

Jika sudah pernah memakai Android pasti tidak akan asing dengan tampilannya. Untuk pertama kali instal pastikan ada wifi yang aktif agar bisa sign in di Google Akunmu. Ikuti saja petunjuknya hingga selesai dan menu muncul di layar netbookmu. 

Silahkan mencoba download beberapa aplikasi di Playstore, saya sendiri telah mencoba Twitter, Nova Launcher, Whatsapp dan berjalan dengan sempurna. Untuk game saya baru mencoba Angry Bird dimana dapat berjalan lancar dengan spesifikasi netbook saya yang rendah (Saat mencoba saya menggunakan Asus EEEpc dengan Processor Intel Atom N455 dan RAM 1gb)

Beberapa tips menggunakan Android-x86 dari saya
  • Matikan fitur auto rotate dari setting-display dan nonaktifkan lockscreen dari pilihan setting-security
  • Matikan fitur sleep dari setting-display
  • Gunakan dan tahan tombol F9 jika layar anda terotasi ke posisi portrait
  • Untuk mereboot ada pilihan di notification bar atau anda dapat menggunakan aplikasi terminal emulator dengan mengetikkan : 
  • Ketik su pencet enter
  • Ketik reboot pencet enter
**UPDATE : Cara Install Nox Emulator , lebih mudah daripada install Android X86 dan lebih banyak aplikasi Android yang kompatibel, dicoba ya tulisannya.

Comments

  1. mau tanya kalo download iso android x86 buat netbook zyrex dmana ya ?

    ReplyDelete
  2. kang...ini misal mw matiin PC/komputer gimana...?
    ketikan apa nih di Terminal Emulator,,,?
    apa langsung cabut kabel aja...? hahahahah

    ReplyDelete
  3. untuk instal modemnya gampang gx itu gan?

    ReplyDelete
  4. @bisel : iso x86 bisa untuk semua merk om
    @qirrin : saya siy pake aplikasi poweroff di ps :)
    @ridwan : saya blm coba pake modem krn pake wifi dari hp saya gan

    ReplyDelete
  5. Androit suda terinstal tapi saat memainkan game tidak bisa di jlankan komen aplikasi terhenti

    ReplyDelete
  6. gan, percuma juga lah, aplikasi seperti bbm, wechat ataupun game seperti angrybird kgak bisa jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ane angrybird jalan gan, youtube juga jalan, kalo ane emang buat nyoba fiturnya aja,kalo mau aplikasi banyak yang jalan bisa coba bluestack, btw android x86 lolipop beta udah ada :)

      Delete
  7. Replies
    1. ane malah belum coba om, nunggu versi resminya dulu aja hehhe

      Delete
  8. gan,, wifi nya error,, sudah ane utak atik tetep aja error,, solusinya gan/??? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane ga ada masalah wifi gan, belum bisa kasih solusi niy :)

      Delete
  9. Punya gua kok ga ada pilihan dualboot buat masuk ke android

    ReplyDelete
  10. Gan keyboardnya bisa digunakan buat main game gak?

    ReplyDelete
  11. gan knp pointer di netbook sy gk muncul , apa harus pake mouse aja ya

    ReplyDelete
  12. Gan nanti partisi yang buat install hilang gak datanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake cara ane ini ga ilang om datanya, tapi buat amannya lebih baik backup dulu

      Delete
  13. ko file manager gak ada ya, trus gimana instal apps

    ReplyDelete
  14. saya udh instal android x86 gan. tpi saya lupa gk backup dlu windowsnya. jadi mu kembali ke windows udh gk bisa. kemudian saya mau reinstal kembali windowsnya juga gk tau caranya. cz saya instalnya pake USB flashdisk. mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. instalnya pake cara ane diatas ga gan? harusnya ga ada masalah karena ada pilihannya saat booting

      Delete
  15. gan ane pake android x86 lollipop, waktu pertama sdh diinstall berhasil, tp boot kedua dan seterusnya malah cuma muncul blackscreen gan, itu gimana gan masalahnya? ane pake windows 10 partisi gpt

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo om, di thread xda nya si yang buat tools udah update, coba cek di tridnya xda dia om, ane sendiri belum coba lagi sejak upgrade ke windows 10

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10